Fat loss dengan bervegetarian, efektif secara absolutkah ?

hallo semuanya🙂

setelah lama ga bikin artikel nih, sekarang saya mau iseng-iseng membahas tentang suatu topik yang cukup sering muncul dilingkungan kita.Ada beberapa orang yang merekomendasikan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan hidup dengan pola makan vegetarian.Namun apakah cara ini efektif secara absolut?

Seperti biasa nih, artikel ini akan saya bahas berdasarkan pengamatan saya secara umum.

Rule of vegetarian secara umum adalah :

-Tidak menkonsumsi daging.

-Tidak menkonsumsi bawang-bawangan.

namun ada beberapa jenis vegetarian yang masih menkonsumsi produk hewani seperti telur, madu, dan susu.

 

Efektif secara absolut yang saya maksudkan disini adalah

“Apakah jika seseorang melakukan pola diet vegetarian dan memenuhi syarat sebagai seseorang vegetarian, apakah efek untuk fatlossnya dapat dicapai secara efektif oleh semua orang yang melakukannya ?”

jawabannya adalah : Tidak semua vegetarian pasti mencapai efek fatloss yang diinginkan, mengapa?

Saya punya contoh nih, saya kenal dengan seseorang yang sudah disiplin bervegetarian total selama lebih dari 4 tahun, Sebut saja namanya A, si A ini sudah bervegetarian selama itu, namun tetap saja dalam status obesitas+kolestrol yang tinggi.Mengapa begitu? bukankah hidup ala vegetarian harusnya membawa kita kedalam kondisi kesehatan yang lebih baik serta berat badan yang ideal ?

si A ini memang statusnya vegetarian, dan ia memenuhi rule of vegetarian secara umum, namun penyebab obesitasnya disini adalah, memang benar ia tidak menkonsumsi daging-dagingan, namun ia cukup sering menkonsumsi mie instant vegetarian/vegan ketika ia kehabisan makanan, apakah ini benar ? tentu saja salah total, karena seperti yang kita ketahui, bahwa kadar glikemik pada mie (bahan dasar terigu) lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih,sehingga secara tidak langsung cara bervegetarian milik si A ini masih belum benar atau belum efektif untuk proses fat loss, nah bagaimana sih caranya agar bisa fatloss dengan pola hidup bervegetarian dengan efektif ? disini ada beberapa tips nih..

 

-Meskipun anda adalah vegetarian, dan PISANG GORENG boleh anda konsumsi, tidak berarti itu akan membawa anda menuju kesehatan, itu hanya akan membawa anda menuju ke penyakit yang sama dengan orang-orang yang non vegetarian, apalagi jika gorengan seperti itu dikonsumsi dengan interval yang sering.

-Memang benar dengan pola vegetarian yang baik dan benar akan mengurangi lemak jenuh yang banyak dikandung oleh daging hewan, namun bukan berarti anda boleh menggantikan nya dengan mie instant “vegetarian” seperti yang dilakukan si A, karena mie juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh kita.

-Susu kedelai pun dikatakan adalah minuman yang baik bagi vegetarian untuk mengisi protein yang mereka perlukan untuk menggantikan protein yang tidak mereka dapatkan karena tidak menkonsumsi daging, namun menkonsumsi susu kedelai ini pun lebih baik menggunakan gula merah dibandingkan dengan gula putih, karena, gula putih sendiri juga mengandung kadar glikemik yang tinggi yang mana hanya akan membawa anda menuju obesitas dan diabetes.

-Perbanyak konsumsi buah-buahan alami tanpa tambahan pemanis buatan atau pengawet,karena buah-buahan mengandung gula yang pada dasarnya adalah fruktosa dan aman serta lebih mudah diproses didalam tubuh kita sehingga tidak membawa kita menuju diabetes, serta kadar air yang terdapat dalam buah akan membuat kita stay hydrated.

-Ingin vegetarian dan fat loss dengan lebih efektif lagi ? gantilah konsumsi nasiputih dengan nasi merah, atau ganti lah roti terigu dengan roti gandum yang diolesi dengan selai kacang, karena selai kacang akan memberikan energi untuk anda beraktivitas sehari-hari.

-Perbanyak konsumsi produk kedelai seperti susu kedelai(gula merah atau tanpa gula) , tempe, tahu, dll.

-Untuk vegetarian yang boleh menkonsumsi produk hewani seperti telur dan susu, maka dianjurkan untuk menkonsumsi susu whey protein dan putih telur (karena kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi), tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

-dan yang terakhir ga lupa nih, rajin-rajinlah berolahraga ! minimal cari waktu untuk berolahraga 2x seminggu

 

Sekian yang bisa saya sampaikan melalui artikel ini.

Jika memiliki kekurangan dan ada saran atau tips yang ingin disampaikan , silahkan comment.

Thanks guys ! stay healthy !

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s