Mengapa Kita Harus Makan Sesegera Mungkin setelah Olahraga?

Hallo teman – teman !

Apa kabar nih?semoga cuaca yang kurang baik tidak mengurangi kesehatan teman-teman sekalian ya.

Malem ini saya mau membahas sedikit nih tentang Makan setelah berolahraga.

Sebenarnya, perlu atau tidak sih makan setelah olahraga?

ada teman saya yang mengatakan : ” Rugi dong olahraga bakar kalori, kalo ujung ujungnya kita makan lagi nambah gemuk ”

Nah,statement yang dinyatakan oleh teman saya ini saya tidak benar yah, mengapakah kita harus makan setelah olahraga?

Disaat berolahraga, selain kalori, kita juga membakar glikogen, dan jika tubuh kekurangan glikogen, maka secara otomatis tubuh akan memberikan sinyal kepada tubuh kita untuk memberikan asupan glikogen untuk menambal glikogen yang telah kita gunakan pada saat berolahraga.Namun jika kita tidak memberi asupan glikogen dalam waktu 1 jam setelah berolahraga, maka tubuh kita akan mencari glikogen sendiri.Glikogen akan diambil dari otot kita dengan memecah otot kita melalui proses katabolisme.

Jika otot sudah di pecah melalui proses katabolisme, maka otot yang ingin kita bentuk ga akan pernah terbentuk dong?Dan secara otomatis, tanpa pembentukan otot, maka pembakaran lemak didalam tubuh kita tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan.

maka siklus normalnya dapat kita gambarkan seperti ini

Angkat beban -> merangsang otot untuk membesar + diberi asupan nutrisi yang cukup        ->otot-otot baru terbentuk ( dan dalam proses pembentukan otot baru terjadi proses pembakaran lemak)

sedangkan jika kita tidak makan,maka siklusnya akan menjadi

Angkat beban->Otot yang awalnya dirangsang untuk membesar tidak jadi membesar,karena asupan glikogen yang telah diserap oleh tubuh kita untuk memenuhi kebutuhan asupan->tidak terjadi perkembangan otot(tidak terjadi pembakaran lemak).

Nah jadi sudah tau kan mengapa kita harus makan setelah ngegym?Lalu makanan seperti apa sih yang cocok untuk dikonsumsi setelah gym?Temen-temen udah pasti tau dong

yang paling bagus adalah 15 menit setelah ngegym, konsumsilah sumber protein yang bisa berupa :

-Susu Whey

-Fitbar

-Susu kedelai

-Supplement Amino, dll.

Dan untuk konsumsi makanan lengkap, paling baik adalah MAKSIMAL 1 jam setelah latihan.Disini yang paling direkomendasikan adalah nasi merah karena mencukupi nutrisi dengan lebih baik dan tidak memberikan lemak jahat yang over pada tubuh,serta membuat kita kenyang lebih lama.Diselingi dengan sayur dan daging kaya protein tentunya ya😀

Oke teman-teman, segitu saja yang bisa saya bahas pada hari ini.

Seperti biasa jika ada pertanyaan,komentar,saran,kritik..

silahkan langsung komen saja…

Selamat malam semuanya😀

4 thoughts on “Mengapa Kita Harus Makan Sesegera Mungkin setelah Olahraga?

  1. mau nanya, tentang kata “MAKsIMAL” satu jam setelah olah raga. Apa ini maksudnya kita boleh makan nasi beberapa menit setelah olah raga? Jadi tidak perlu minum susu kedelai atau sesuatu yang disebutkan untk dikonsumsi 15 menit setelah oah raga. Mohon penjelasannya. Thank you~

    • Yup bole aja kok, dgn catatan di sini porsi nasinya pun dengan bobot nutrisi yang bagus untuk pembentukan otot ya, jangan yang mayoritas terdiri dari karbohidrat saja :p, tetapi jika memanh ngerasa eneg abis olahraga dan belom bisa full meal untuk 30-45 menit stelah work out, Anda disarankan untuk minum protein shake atau snack2 protein lainnya aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s