penjelasan metode pembakaran lemak dengan metode EHIIT

hai guys..sorry nih untuk beberapa hari ga update.Kemaren dapet jadwal yang super duper padat (sampe 14 jam d kampus !) . Pulang sampe rumah cm bisa lgsg tidur saking capenya.Nah tadi pagi saya mendapat inspirasi dadakan nih.Yaitu saya mau sharing salah satu metode yang saya jalankan untuk melakukan pembakaran lemak.Untuk temen-temen yang udah pernah membaca artikel – artikel sebelumnya pasti tau nih saya pernah menyinggung tentang EHIIT.Namun saya belum pernah nih membahas secara detil tentang metode EHIIT ini.

*Apa itu EHIIT ?

EHIIT adalah singkatan dari (Elevated High Intensity Interval Training).Metode ini diperkenalkan oleh Denny Santoso (temen-temen udah tau dong siapa Denny Santoso).EHIIT menurut definisi saya sendiri adalah “Kombinasi lari dengan mengubah intensitas kecepatan dalam interval tertentu” . Yang dicapai dalam metode ini bukanlah angka pembakaran kalori saat berlari, namun Afterburn Effect.Afterburn Effect adalah hasil yang kita dapatkan setelah melakukan metode EHIIT.Setelah menjalankan EHIIT, badan akan terasa panas seperti demam dan terus mengeluarkan keringat.Dalam proses afterburn effect, badan terus membakar kalori 15 – 22 jam setelah berolahraga.EHIIT ini dipromosikan untuk dijalankan diatas mesin treadmill.Namun setelah saya coba, metode ini juga berlaku untuk teman-teman yang mau jogging di taman, lapangan , ataupun bersepeda (dengan intensitas yang disesuaikan)

*Mengapa badan panas dan berkeringat setelah menjalankan EHIIT ?

Hal ini disebabkan oleh perubahan intensitas dalam jangka waktu yang telah ditentukan, akan menyebabkan tubuh memberi sinyal kepada organ lainnya untuk bekerja lebih aktif (terutama jantung).Sehingga disini yang di boost adalah pembakaran lemak rata-rata dalam sehari.

*Bagaimana sih langkah – langkah dalam metode EHIIT ?

Nah masuk ke tahap penjelasan langkah-langkahnya nih, untuk langkah – langkah ini.Berlaku untuk mesin treadmill.Namun sistem ini tetap dapat diterapkan meskipun anda tidak berolahraga dengan mesin treadmill, selama anda bisa menyesuaikannya.Langsung saja kita bahas langkah-langkahnya
1.Lakukan pemanasan dengan berjalan Speed 4 selama 5 menit ( tujuannya adalah agar tidak terjadi keram betis dalam berlari di speed 9++ nanti)

2.Lakukan jalan cepat dengan  speed 5.5 – 6.5 selama 2 menit (Untuk menyesuaikan diri dengan kecepatan, agar tidak terjadi keram perut (saya sendiri masih sering keram perut dalam menjalankan metode ini, karena jika anda langsung menggunakan kecepatan di atas 6.5 , seringnya terjadi keram di bagian perut )).

3.Lari santai dengan speed 9 selama 2 menit

4.Kembali jalan cepat dengan speed 5.5 – 6.5 selama 2 menit

5.Lari santai dengan speed 9 selama 2 menit

6.Jalan cepat dengan speed 5.5 – 6.5 ( Atur nafas anda) selama 1 menit.

7.Tingkatkan kecepatan ke speed 12 (untuk yang belum terbiasa boleh saja mencoba dengan speed 11 dulu) 60 – 90 detik

8.turunkan ke jalan cepat speed 5.5 – 6.5 (atur kembali nafas anda)

9.Tingkatkan kembali speed ke 12 (kalau bisa, usahakan untuk lebih lama dibandingkan step 7)

10.kembalikan ke speed 5.5 – 6.5 (atur nafas anda)

11.turunkan ke speed 4,berjalan santai untuk pendinginan selama 3 menit

*Persyaratan untuk menjalankan metode ini

-Perut ga boleh kosong,jadinya kalau mau dijalankan pada pagi hari, pastikan anda sarapan terlebih dahulu.Oatmeal atau kopi + roti gandum merupakan rekomendasi dari saya untuk sarapan sebelum EHIIT.

-Kondisi badan fit, kalo anda merasa kurang fit.Saya tidak menyarankan anda untuk menjalankan EHIIT.Karena saya sendiri pernah pagi bermain basket,sorenya angkat beban + EHIIT, besoknya lgsg masuk angin xD.

-Jika anda sudah terbiasa dengan speed 11 atau 12, maka cobalah untuk meningkatkan speed maksimalnya (saya pernah mencapai speed 17 dan amat sangat MELELAHKAN !).Karena saya sendiri sudah pernah menklarifikasi hal ini kepada ko Denny Santoso via twitter, dan beliau menjawab bahwa semakin tinggi kecepatan maksimal yang mampu kita capai (Ketinggian intensitas).Maka afterburn effect yang akan kita capai pun berlangsung lebih lama.
Saya rasa ini saja yang bisa saya tuliskann pada artikel ini.Jika ada informasi dan inspirasi baru maka akan saya update.Untuk ketidakjelasan dalam artikel ini dan anda ingin bertanya, anda bisa langsung meninggalkan komentar, atau PM saya langsung di facebook saya vinz_setyawan@yahoo.com .
#update 12.15 P.M. 28/09/2012#

*suplemen /makanan penunjang EHIIT

Disini saya merekomendasikan Ultra Ripped Fast Action Formula ( bisa didapatkan di pembakarlemak.com ) .URFAF ini memiliki fungsi yang sama

seperti kopi, yaitu meningkatkan metabolisme.Namun kekurangan saat kita menkonsumsi kopi adalah tidak semua dari kita bisa minum kopi hitam tanpa gula (jujur saya saja belum bisa).Karena ditambahkan gula makanya efek yang diberikan sedikit negatif.Sedangkan jika kita menkonsumsi URFAF ini,kita pure menkonsumsi kafeinnya tanpa gula.Sehingga tidak ada tambahan kalori yang masuk kedalam tubuh kita😀 . Kafein juga bisa anda peroleh dari Teh Hijau.Teman-teman ga usah takut untuk menkonsumsi URFAF, karena URFAF adalah suplemen( bukan obat ) dan mengandung bahan-bahan alami.

*EHIIT itu metode yang diciptakan untuk siapa ?

Ada teman yang bertanya apakah EHIIT hanya untuk orang yang dari gendut ingin menjadi ideal ? atau boleh untuk semua orang ? Jawabannya adalah EHIIT diciptakan untuk digunakan siapa saja yang bertujuan untuk memangkas lemak tubuhnya.bukan saja digunakan oleh orang seperti saya yang dulu berbobot 100Kg dan melakukannya untuk memangkas lemak lemak yang amat sangat berlebihan.Namun metode ini juga bisa digunakan untuk teman-teman yang ngegym dalam proses cutting ( pembuangan lemak sehingga otot dapat terlihat jelas atau biasa disebut “kering” )
.

Semoga membantu🙂

tetap semangat dalam membakar lemak !

3 thoughts on “penjelasan metode pembakaran lemak dengan metode EHIIT

  1. hi frostzoro,
    saya mau tanya soal langkah no. 7, berapa speed yang minimalnya?
    karena saya coba lari di speed 11 tapi masih tidak sanggup.
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s