Weight Loss VS Fat Loss

Hallo semua

Pada artikel ini saya akan membahas suatu topik yang agak kontroversial nih yaitu “Weight Loss VS Fat Loss”.Tujuannya simple, untuk menginformasikan hal yang benar dan membenarkan kesalahpahaman teman-teman yang akan ataupun yang sedang menjalankan program-program untuk mencapai tubuh idealnya.

Saya dulu adalah seorang siswa SMA yang tergolong obesitas.Dan yang selalu terlintas dalam benak saya adalah “saya mau kurus” .Bahkan sampai saya mencoba sebuah produk diet.1 bulan setelah saya mengonsumsinya,angkat timbangan saya turun dari 100kg menjadi 94kg.Namun lingkar pinggang saya tak kunjung mengecil (waktu itu tetap pada size 39) dan saat saya bercermin,lemak-lemak ditubuh saya tidak berkurang.Lalu saya memutuskan untuk menkonsumsi produk yang sama untuk 1 bulan kedepan.setelah 1 bulan tersebut saya lewati,saya kecewa.Berat badan saya stuck di 94kg.Tidak ada perubahan sama sekali.Padahal saya menghabiskan cukup banyak biaya untuk membeli produk tersebut (karena status saya sebagai seorang siswa SMA).Lalu salah seorang teman saya menyarankan saya untuk follow @dennysantoso. setelah saya follow account ahli fat loss Indonesia ini, saya tergolong sukses melakukan fat loss program dengan baik dan benar.

Apa perbedaan utama dari Weight loss dan Fat Loss ?

Weight Loss adalah hal yang sama persis dengan kasus pada saat saya menkonsumsi produk diet.berat badan turun, namun tidak ada perubahan yang konkret dari tubuh saya.Berat badan turun, namun lemak tidak hilang.Maka saya simpulkan pada saat itu yang hilang adalah massa otot saya.

Sedangkan Fat Loss dapat kita ibaratkan dengan kata “Mirror never lies”.

Mengapa saya berkata demikian? Karena berdasarkan pengalaman saya pribadi, setelah saya rutin melakukan olahraga, serta mengubah pola makan menjadi sehat.Secara bertahap, lemak – lemak di seluruh bagian tubuh saya berkurang.Meskipun angka timbangan tidak berubah secara drastis.

Mengapa saya membandingkan dua hal ini ?

Karena pada umumnya masih banyak orang yang masih membuat target “turun 5 kilogram dalam 1 minggu” dan juga masih banyak orang yang menganggap dietnya sukses jika angka timbangan turun.Sebaliknya, orang-orang yang melakukan diet sehat dan mendapati angka timbangan mereka tidak turun menganggap bahwa mereka telah gagal dalam program mereka, sehingga ada perasaan yang cenderung membuat mereka merasa kecewa pada diri mereka sendiri.Hal ini merupakan satu dari beberapa faktor yang menyebabkan orang gagal menjalankan program dietnya.

Jadi dari artikel saya kali ini, kesimpulannya adalah

Anda bisa menjalankan beberapa program yang menyebabkan angka timbangan turun (weight loss), namun pada realitanya anda tidak berhasil membuang lemak anda.

Dan anda juga bisa menjalankan program-program sehat, yang perubahannya terjadi secara nyata(fat loss).Meskipun angka timbangan tidak berubah, tidak berarti anda gagal.Sehingga anda tidak perlu merasa kecewa, tapi sebaliknya anda harus semakin semangat untuk mengejar target anda !

Choose wisely😀

Sekian ~

good luck🙂

Leave a Reply

