Bagaimana cara mendapatkan pembakaran lemak yang optimal ?

Hallo teman-teman pembaca sekalian !

Pada kesempatan ini, saya mau sharing sedikit nih.Hal yang akan saya bahas kali ini sesuai dengan judul.Bagaimana sih cara untuk mendapatkan pembakaran lemak yang optimal ? Kita tahu bahwa untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kita harus berolahraga.Namun banyak teman-teman saya yang berkata “Saya sudah olahraga, namun tidak ada hasil yang signifikan” .Kebetulan pada awal saya menjalankan program fat loss, saya juga merasakan hal yang sama.Saya sudah bermain basket setiap hari dengan intensitas tinggi,bercucuran keringat sampai seluruh pakaian basah semua.Namun tidak berpengaruh terhadap pembakaran lemak pada tubuh saya ? Jadi, apa sih kesalahannya?

Nah ternyata setelah saya membaca beberapa artikel di DuniaFitnes.com, saya mengetahui beberapa faktor nih yang membantu pembakaran lemak tubuh kita.Dan tentunya saya mengadaptasikannya dengan kegiatan saya sehari-hari.

Berikut beberapa poin yang harus kita ketahui untuk membantu program fat loss kita :

1.Keringat bukanlah lemak

Banyak orang yang masih menganggap jika kita berkeringat banyak, maka berat badan akan turun.Jika hal demikian memang benar, mengapa kita tidak panas-panasan saja didalam mobil tanpa menyalakan AC? karena yang keluar dari tubuh kita adalah keringat yang kandungannya berupa air,garam, dan beberapa zat-zat lainnya.Sehingga hal ini tidak mempengaruhi pembakaran lemak dalam tubuh kita.

2.Memilih antara Berjalan dan Berlari pada saat olahraga

Seperti yang saya tuliskan di awal.Saya sudah bermain basket dengan intensitas tinggi setiap hari.Namun masih saja tidak berhasil mendapatkan proses pembakaran lemak yang optimal ? Hal ini disebabkan karena saat saya bermain basket,hal yang lebih banyak saya lakukan adalah berlari.Pada saat kita berlari yang terbakar adalah gula darah, bukan lemak.Jadi jika anda masih berasumsi dengan terus berlari anda akan membakar lemak, itu sangatlah tidak efektif.Berjalan cepat membakar lemak jauh lebih optimal dibandingkan berlari.Terutama bila anda melakukannya setelah bangun tidur, dan perut yang kosong di isi dengan 2 gelas air putih atau segelas black coffee.Berjalanlah lebih dari 45 menit, karena pada 30 menit pertama tubuh harus membakar gula darah yang tersisai,setelah itu baru bisa membakar lemak secara efektif.Untuk pembakaran lemak yang paling efektif selain jalan pagi, saya menyarankan metode HIIT dan EHIIT.Ini merupakan metode pembakaran lemak yang di perkenalkan oleh Denny Santoso.Dimana dalam proses ini anda akan mengkombinasikan jalan cepat dan lari.Hal ini akan memicu jantung kita berdetak lebih cepat, dan proses metabolisme yang meningkat sehingga pembakaran kalori terjadi secara optimal.Dalam proses HIIT dan EHIIT yang anda target bukan lah angka pembakaran pada mesin treadmill.Namun yang ditargetkan disini adalah proses “afterburn”. Yaitu meningkatnya Basal Metabolism Rate anda sehingga proses pembakaran lemak masih berjalan di atas rata-rata meskipun anda sudah berhenti olahraga untuk beberapa jam.

3.Hindari lemak jahat

Tentu kita sering nih makan gorengan ? nah sebenarnya yang membuat kita gemuk bukan lah karena minyak – minyak dari gorengan tersebut secara langsung menjadi lemak didalam tubuh kita.Namun proses yang sebenarnya terjadi adalah lemak jahat yang dikandung oleh gorengan – gorengan dan makanan-makanan tidak sehat lainnya, akan menghambat proses metabolisme didalam tubuh kita.Sehingga rata-rata pembakaran kalori didalam tubuh kita secara bertahap akan menurun.Dan hal ini akan menyebabkan kalori yang tidak terproses akan menjadi lemak.Cara lain untuk memblok lemak jahat selain dengan cara menghindarinya, adalah dengan menkonsumsi teh hijau.Teh hijau berfungsi untuk memblok lemak jahat yang masuk kedalam tubuh kita.Sehinga proses metabolisme tidak terhambat oleh lemak jahat.Tapi ingat, teh hijau ini bukan teh hijau botolan yang sudah dikemas ya :D .Anda boleh memilih teh hijau yang ada di supermarket dalam bentuk teh celup ataupun daun teh.

4.Angkat beban

Dalam poin ini saya akan memberi analogi yang sederhana

“Semakin besar mesin sebuah kendaraan, maka semakin banyak bahan bakar yang di konsumsi”

Hal yang sama berlaku pada tubuh kita.Otot adalah mesin, dan lemak adalah bahan bakar.Jika kita memiliki mesin yang kecil dan memiliki banyak bahan bakar, maka kapan bahan bakar baru bisa habiskan? Ketika kita melakukan olahraga – olahraga angkat beban, maka otot yang lama akan rusak dan membentuk otot baru.Disini kita memiliki banyak keuntungan nih teman – teman yaitu :

-Proses pembentukan otot baru memerlukan kalori, artinya disini terjadi pembakaran lemak

-Otot baru yang lebih besar dari otot sebelumnya memerlukan kalori yang lebih besar juga, disini lemak juga dibakar lebih banyak.

-Mengencangkan tubuh kita, jadi ga ada istilah “tubuh bergelambir setelah kehilangan lemak”

Untuk yang wanita nih , jangan takut untuk angkat beban.Hormon Testosteron yang cowo miliki kadarnya 10x lipat lebih banyak daripada yang wanita miliki, sehingga badan cowo cenderung “kekar” .Hal ini tidak akan terjadi ke wanita kok.Kecuali anda memang bertujuan untuk melakukan body build dan melakukan angkat beban dengan intensitas super tinggi.

5.Lakukan kebiasaan – kebiasaan sehat

Untuk poin ini, lebih cenderung ke masing – masing individu lebih nyamannya beradaptasi dengan situasi masing – masing.Saya akan share beberapa kebiasaan yang saya lakukan dalam proses fat loss saya nih.

-Minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur, lalu menkonsumsi black coffee 30 menit setelahnya

-Tidak menggunakan lift di kampus, dan memilih berjalan menaiki tangga darurat

-Kurangi nasi sekitar 3/8 porsi, lalu digantikan dengan sayuran, daging ayam, ataupun buah

-Cari tahu makanan favorit anda yang merupakan makanan sehat.Kalau saya sendiri sih suka makan telur, jadinya pada saat saya lapar, saya akan membuat omelet, ataupun telur rebus dan dikonsumsi tanpa nasi.

-Makan 3x main meal dan 3x healthy snack time dalam sehari

Healthy snack yang saya adalah susu hi protein, kacang almond, buah-buahan, yoghurt 0% fat, sayur – sayuran.Sehingga tubuh kita tetap terisi dan proses metabolisme tidak menurun.Kalau saya pribadi biasanya menkonsumsi healthy snack 2 jam setelah main meal

-Berhenti berpikir makan 1x sehari = cara diet yang baik

Saat kita makan 1x sehari,tubuh tidak menerima sinyal bahwa kita mau diet.Yang diterima oleh tubuh kita adalah sinyal SOS, kita dianggap terdampar di tengah hutan tanpa makanan.Sehingga tubuh akan mengaktifkan “power saving mode”.Dan hal ini akan memperlambat proses metabolisme yang menyebabkan pembakaran lemak tidak optimal.

6.Buat tubuh anda “shock”

terkadang pembakaran lemak didalam tubuh kita menurun secara bertahap.Hal ini disebabkan oleh aktivitas kita sehari-hari sudah teradaptasi didalam tubuh kita.Jadi kita harus memberikan tantangan baru kedalam tubuh kita.Contohnya : biasanya kita hanya mampu berlari dengan kecepatan 12km/h dalam 2 menit.Tantanglah tubuh anda dengan berlari secepat 14km/h untuk lebih dari 2 meni.Dengan begitu tubuh anda harus membiasakan diri dengan kebiasaan baru.Dan dalam proses ini rata-rata pembakaran lemak akan terus meningkat.

Saya rasa hanya ini yang bisa saya share pada artikel ini.

Good luck buat program teman-teman sekalian :)

stay healthy !

5 thoughts on “Bagaimana cara mendapatkan pembakaran lemak yang optimal ?

  1. saya masih bingung ttg metabolisme lemak..klo protein kan di pecah2 lagi mjd 20 asam amino sebelum dikirimkan ke sel sel otot yg pecah/tubuh lain spt rambut,kulit dsb yg membutuhkan amino untuk bertahan hidup…klo karbo dipecah2 lg mjd gula darah/energi…klo gula darahnya ga kepake maka mjd lemak tubuh…naaaah apakah Lemak dri makanan ini jg dirubah mjd energi/gula darah jg ?? atau lemak dri makanan ini bgitu di usus langsung mjd lemak tubuh/langsung mengisi jaringan lemak??…terima kasih..

    • pertanyaan bagus nih :)
      sebenernya dalam tubuh kita “karbo yang baru kita konsumsi = gula darah”
      sedangkan lemak adalah karbo yang tersisa didalam tubuh kita ketika kita berhenti beraktivitas secara aktif.

      pernah tidak mendengar bahwa
      “jangan melakukan angkat beban dengan perut kosong saat setelah bangun tidur” ?
      melakukan angkat beban dengan perut kosong beresiko membuat anda kekurangan energi atau bahkan pingsan ketika melakukannya, karena setelah bangun tidur, karbo/gula darah dari hari sebelumnya yang tersisa sudah berubah menjadi lemak dan tubuh kita dalam kondisi kekurangan gula darah, itulah mengapa kita harus menkonsumsi karbo dulu sebelum angkat beban setelah bangun tidur.
      Jadi intinya disini adalah makanan yang kita konsumsi dan karbohidrat yang terkandung akan langsung di gunakan sebagai gula darah dalam beraktivitas,sedangkan jika terdapat gula darah yang tersisa saat kita akan tidur, maka gula darah tersebut akan tersimpan dalam bentuk lemak.

      “Apakah lemak dapat di ubah menjadi gula darah untuk aktivitas ? ” jawabannya tidak
      karena kalo misalkan lemak dapat kita ubah menjadi energi/gula darah , maka kita tidak perlu repot” makan sebelum angkat beban, tinggal memaksakan diri angkat beban dan menggunakan lemak untuk sumber energi kita, benar ?

      pembakaran lemak berjalan secara efektif ketika kita melakukan jalan cepat (kalo di treadmill dengan speed 6.0 – 6.5)
      namun ketika kita berlari,sumber energi yang digunakan adalah gula darah,sama seperti saat kita angkat beban.

      thx :)
      semoga membantu

  2. bengkak ? bisa jadi karena kesalahan dalam melakukan olahraga, sepertinya lebih ke cedera otot tuh..
    karena ketika kita olahraga dengan baik dan benar, yang terjadi bukan lah bengkak, namun terasa ngilu,karena otot lama kita terpecah dan jaringan jaringan otot kita membentuk otot otot baru :)

    berhati-hatilah dalam melakukan angkat beban,
    “jauh lebih baik main beban sedang-sedang saja dengan cara yang benar, dibandingkan memaksakan diri mengangkat beban berat namun dengan cara yang salah , itu akan membawa anda kepada cedera otot”
    thx :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s